5 Penyebab Knalpot Motor Berasap

Pernahkah Anda mengalami atau melihat sepeda motor dengan knalpot bengkak? Kepulan atau asap yang berlebihan sering terjadi pada sepeda motor. Ada alasan tertentu yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

1. Pemasangan Katup Tidak Sesuai
Pemasangan katup harus pas satu sama lain, tanpa melonggarkan. Saat memasang, Anda juga tidak boleh memasang katup yang salah. Satu katup dan yang lainnya tidak boleh bingung. Untuk memperbaikinya, Anda hanya perlu membaliknya.

2. Keausan Silinder Mesin
Silinder atau liner juga bisa aus dan menyebabkan oli masuk ke ruang bakar. Salah satu tanda yang paling terlihat dari silinder mesin yang aus adalah sulitnya start di pagi hari. Bawa sepeda motor Anda ke bengkel untuk mengganti silindernya.

3. Segel Katup Rusak Atau Bocor
Alasan pertama yang mungkin adalah segel katup bocor. Fungsi katup adalah untuk menarik udara dari mesin pembakaran. Ini juga berfungsi untuk mengeluarkan gas dari mesin pembakaran. Jika mesin Anda menonjol karena ini, Anda hanya perlu mengganti segel katup dengan yang baru.

4. Batang Katup Bengkok
Fungsi dari valve stem adalah untuk menghubungkan valve dengan cam. Batang ini terbuat dari besi, jadi tidak boleh ada bagian yang bengkok. Apa yang terjadi jika batang ini ditekuk? Salah satu segel akan longgar, di sisi lain, segel lainnya akan longgar. Clearance ini berpotensi menyebabkan oli masuk ke ruang bakar.

5. Oli Mesin Terlalu Encer
Umumnya, standar yang harus diikuti oli motor bergantung pada spesifikasi SAE. Jika jenis oli yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi SAE atau terlalu cair, oli bisa masuk ke bagian-bagian kecil mesin. Ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa knalpot mengeluarkan asap lebih banyak dari biasanya.

5 hal di atas dapat menyebabkan knalpot sepeda motor menjadi berasap berlebihan atau kembung. Jika ragu, segera bawa sepeda motor Anda ke teknisi terdekat.