Aturan Minum Air Putih Saat Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan rutin yang harus kita lakukan. Olahraga teratur akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. Saat berolahraga, tentu sebagian orang sering merasa haus di tengah-tengah olahraga. Sebenarnya, bolehkah minum air putih saat berolahraga?

Secara harfiah, Anda sebaiknya tidak melakukannya. Ada beberapa aturan atau cara yang harus diikuti saat minum air putih di tengah olahraga. Beberapa di antaranya ditunjukkan di bawah ini:

1. Minum Air Putih Setelah Berolahraga
Waktu berikutnya Anda bisa minum air adalah setelah berolahraga. Setelah selesai pendinginan, Anda bisa minum antara 500 hingga 1 liter air. Minum banyak air setelah latihan ini dapat mencegah Anda merasa pusing setelah berolahraga.

2. Minum Air Setiap 15-20 Menit
Setiap 15 hingga 20 menit berolahraga, berikan waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat. Saat istirahat, Anda bisa minum air putih sebanyak 250 ml. Jangan minum air terlalu banyak karena bisa membuat otot perut tegang.

3. Minum Air Putih 15 Menit Sebelum Olahraga
Pertama kali Anda bisa minum air putih saat berolahraga adalah 15 menit sebelumnya. Cukup minum sekitar 300 ml air putih sebelum berolahraga. Hal ini dapat mencegah rasa sakit dan kram saat berolahraga.

Itulah saat-saat terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk minum air putih saat berolahraga. Saat tengah berolahraga, hindari minum banyak air karena akan membuat tubuh tegang. Agar Anda bisa lebih sehat, Anda bisa mengganti airnya dengan air madu.

Terakhir, hindari minum air es saat selesai berolahraga. Rasanya menyegarkan, tapi tidak baik untuk tubuh. Air es sulit diserap tubuh karena tidak berada pada suhu optimal yang telah ditentukan oleh tubuh. Minumlah air pada suhu kamar agar lambung dan usus halus dapat menyerap air lebih cepat.