Jenis rumah keluarga yang perlu Anda ketahui

Pekerjaan atau tempat tinggal merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan berteduh, setidaknya seseorang memiliki tempat untuk melindungi diri dari panas dan hujan. Tidak hanya rumah dan apartemen, ternyata ada jenis rumah lainnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Ruko
Rumah toko atau biasa disingkat RuKo merupakan tempat tinggal yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama tentu saja rumah dan fungsi kedua adalah tempat kerja. Rumah tipe ini harus memiliki lebih dari 2 tingkat, karena setiap lantai memiliki fungsi yang berbeda.

2. Kondotel
Condotel adalah singkatan dari kondominium hotel. Tipe hunian ini mirip dengan apartemen. Meski mirip dengan apartemen, namun pelayanan yang akan Anda dapatkan sama seperti di hotel. Jenis bangunan ini biasanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena pelayanannya yang istimewa dan cenderung mewah, biaya hidup di kondotel seringkali mahal.

3. Townhouse
Model hunian pertama adalah town house. Nama lain town house ini adalah perumahan. Ciri yang jelas dari rumah desa adalah bahwa semua rumah memiliki tata letak yang sama. Semua rumah dilindungi dengan pagar. Biasanya dalam sebuah townhouse terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat.

4. Indekos
Indekos atau yang sering disebut dengan Indekos adalah tempat tinggal yang disewakan untuk tempat tinggal sementara. Pada umumnya masyarakat yang tinggal di Indekosan adalah mahasiswa atau pasangan yang belum memiliki anak.

5. Rumah Keluarga Tunggal
Rumah tunggal berbeda dengan rumah induk. Secara umum, rumah keluarga tunggal ini terletak di tempat dengan pesona alam yang tinggi. Beberapa model rumah keluarga tunggal atau single ini adalah mansion, villa atau kabin. Rumah keluarga tunggal ini berfungsi sebagai tempat penampungan sementara bagi individu atau keluarga.

5 tipe rumah di atas cukup mudah ditemukan di Indonesia. Tak dapat dipungkiri, setiap hunian memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing. Sesuaikan jenis rumah yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Selain itu, pilihlah tempat tinggal yang bisa membuat Anda merasa nyaman di sana.